Sidekick itu dijual di berbagai lencana seperti Tracker Geo (Chevrolet Tracker setelah 1998) di Amerika Serikat, dan sebagai Tracker GMC, Chevrolet Tracker, Asüna Sunrunner dan Pontiac Sunrunner di Kanada. Hal itu juga dijual sebagai Santana 300 dan 350 di Spanyol. Di pasar dalam negeri Jepang, itu dijual juga dengan berbagai lencana Mazda.
Generasi pertama (1989-1998)
Generasi pertama 1992-1994 Suzuki Vitara (SE416C type2) JX softtop (Australia)Juga disebut Asüna SunrunnerChevrolet TrackerChevrolet VitaraGeo TrackerGMC TrackerMazda Lanjut LevantePontiac SunrunnerSantana 300/350Suzuki VitaraSuzuki EscudoSuzuki SidekickProduksi 1988-1998Bentuk tubuh 2-pintu SUV2-pintu konversi4-pintu SUV (1991-1998)Mesin 1.3L 64 hp (48 kW) I41,6 L 80 hp (60 kW) I41,6 L 95 hp (71 kW) I41,8 L 120 hp (89 kW) I42,0 L 130 hp (97 kW) I4Transmisi 3-speed otomatis4-speed otomatis5-speed manualJarak sumbu roda 2-pintu: 86,6 di (2.200 mm)4-pintu: 97,6 in (2,479 mm)Panjang 2-pintu: 143,7 in (3,650 mm) (1996-1998)142,5 dalam (3.620 mm) (1989-1995)4-pintu: 158,7 dalam (4.031 mm)4-pintu Olahraga: 162,4 dalam (4.125 mm)Lebar 2-pintu: 65,2 in (1.656 mm) (1996-1998)64,2 di (1631 mm) (1989-1995)4-pintu: 64,4 in (1.636 mm)4-pintu Olahraga: 66,7 in (1.694 mm)Tinggi 2-pintu: 64,3 di (1633 mm) (2WD, 1992-1993 & 1996-1998)65,6 di (1.666 mm) (1989-1991)65,1 di (1.654 mm) (4WD, 1992-1993 & 1996-1998)64,4 di (1.636 mm) (2WD 1994-95)65,2 di (1656 mm) (4WD 1994-95)4-pintu: 65,7 in (1.669 mm) (2WD)66,5 di (1689 mm) (4WD)66,3 di (1,684 mm) (Sport)Terkait Suzuki X-90Suzuki LJ80Suzuki JimnySuzuki Vitara
Pertama kali diperkenalkan sebagai Escudo di pasar domestik Jepang pada Mei 1988, Sidekick Amerika Utara menjadi tersedia untuk tahun 1989 sebagai konversi 2-pintu atau hardtop, dalam 1.3 liter JA dan lebih kuat 4-wheel-drive JX & JLX trim. Sebuah 80 hp (60 kW) 1.6 liter, 8-katup, 4-silinder tersedia pada JX & JLX. 1990 membawa penghapusan versi JLX kelas atas. Pada tahun 1991, sebuah Sidekick 4-pintu dengan wheelbase diperpanjang diperkenalkan dan tahun berikutnya menjadi 95 hp (71 kW), 1,6-liter, 16-katup mesin diperkenalkan. Tahun 1991 juga membawa pengenalan rem ABS belakang. Sidekick asli telah diupdate pada tahun 1996 dengan versi baru yang tersedia Sport dengan 120 hp (89 kW), 1,8-liter 16-katup mesin 4-silinder. Olahraga juga memiliki dual airbags, 2-tone cat dan 16-inch Alloy.
Ada juga pabrik edisi sangat terbatas khusus bernama Rossini Vitara yang datang dalam warna pink metalik dengan interior kulit krim, hanya 250 dari model ini di mana diproduksi di seluruh dunia,
Pada tahun 1996, Suzuki memperkenalkan Suzuki X-90 yang mekanis identik dengan Sidekick tapi memiliki tubuh yang lebih bulat, batang, dan removable T-bar atap. [1] Suzuki X-90 menghilang dari lineup Suzuki setelah model 1998 tahun. Varian Sport digantikan oleh Grand Vitara tahun 1999.
Di Spanyol, produksi terus di Suzuki mitra Santana dengan papan nama Vitara. Setelah facelift pada tahun 2005 nama ini diubah untuk Santana 300/350.
Di Australia, ada dua model yang tersedia. Vitara JX dan JLX Vitara. JLX ini menampilkan terutama dengan jendela bertenaga. Kedua versi fitur mesin 1,6 Liter. Pada bulan Mei 1997, Suzuki memperkenalkan 1995 cc 2.0 Liter 4 Katup / Silinder mesin Overhead Cam Double baik 3-pintu model soft-top dan hardtop. Mesin ini dinilai pada 97 kW (130 hp) pada 6300 rpm. Pada saat yang sama 5-pintu model menerima cc 1998 2.0 liter V6. Mesin listrik dinilai untuk 5-pintu model V6 adalah pada 100 kW (134 hp) pada 6500 rpm. Varian 1.6 liter untuk 3-pintu model yang bernama Suzuki Vitara Rebel. Semua model di Australia yang dijual sebagai four-wheel drive.
Skema penamaan, mesin dan pilihan langsing tersedia di Chile, erat mengikuti dari pasar Australia. Pada tahun 1998, ada menjadi model yang tersedia yang menampilkan mesin turbodiesel 1.9 liter dari PSA, yang dibangun di Spanyol oleh Santana Motors, mereka semua kendaraan 4WD dilengkapi dengan transmisi manual. Sejak tahun 2001, semua diesel 1st Gen Vitaras harus diimpor dari Argentina, dibangun oleh General Motors di Argentina, menampilkan 1,9-liter mesin IPM dari PSA, semuanya dengan 5-kecepatan transmisi mekanik. Transmisi otomatis hanya tersedia pada model yang dibangun Jepang dengan mesin bensin.
Di Indonesia, Indomobil sebagai agen tunggal Suzuki Vitara diperkenalkan pada tahun 1992. Sementara Vitara masih di pasar, Suzuki menambahkan 4x2-versi dan diberi label sebagai Escudo tahun 1994 untuk mendapatkan perkotaan-driver pasar. Pada tahun 1996, Suzuki memperkenalkan Sidekick, sebagai versi spec-down dari Escudo, sebagai model entry level. Indonesia adalah pasar-satunya di dunia yang menerima tiga nama berbeda Escudo di suatu waktu. Model pintu Hanya 5, 1,6 liter mesin bensin ditawarkan tanpa transmisi otomatis. Pada tahun 1995 Vitara menerima bahan bakar sistem injeksi dan dipasarkan sebagai Vitara EPI (Injeksi Bensin Elektronik). Namun, karena harga lebih tinggi, Vitara EPI dijual buruk di pasar dan kemudian dianggap menjadi barang kolektor karena kelangkaannya.
Generasi kedua (1999-2005)
Kedua generasi Suzuki Escudo 3-pintu, versi JDMJuga disebut Suzuki VitaraSuzuki Grand VitaraChevrolet Grand VitaraChevrolet TrackerMazda Lanjut LevanteProduksi 1999-2005Majelis Hamamatsu, JepangAlvear, ArgentinaQuito, EkuadorBentuk tubuh 3-pintu gerbong3-pintu konversi5-pintu SUVMesin 1,6 L 16V I4 97 hp (72 kW)2,0 L 16V J20A I4 127 hp (95 kW)2,5 L V6 H25A 168 hp (125 kW)2,0 L RF / RHZ / RHW turbodiesel I4Transmisi 5-speed manual4-speed otomatisTerkait Suzuki XL-7
Para Escudo / Vitara didesain ulang pada tahun 1999, dan nama Sidekick dijatuhkan di Amerika Utara, dengan menggunakan nama Vitara gantinya. Ini adalah 4-seater yang di Eropa menampilkan 1,3 L, 1,6 L dan 1,8 L mesin bensin lurus-4 tersedia dengan carburator atau injeksi bahan bakar elektronik. Sebuah 16-katup 1,8-liter mesin bensin dan V6 2,0-liter. Mesin diesel juga tersedia di Eropa. Vitara yang tersedia dengan 4 - dan transmisi manual 5-speed, serta transmisi otomatis, dan dalam Hardtop 2 - atau 4-pintu model atau soft-top 2-pintu model.
Sebuah versi penampilannya diubah dijual di Amerika Utara oleh General Motors sebagai Tracker Chevrolet. Tracker ini dijual di Amerika Latin, tetapi Meksiko, sebagai Chevrolet Grand Vitara. Di Meksiko, Grand Vitara dan Tracker adalah kendaraan yang berbeda, dijual oleh Suzuki dan Chevrolet masing-masing. Di Chile, 5-pintu Grand Vitara dikenal sebagai Grand Nomade.
Di Amerika Utara, Vitara biasa (bukan Grand Vitara) yang tersedia dengan 1,6 dan 2,0 empat silinder, dengan sebagian besar dari 1,6 liter motor yang ditemukan di dua pintu varian dan 2.0 di empat pintu versi. Sebuah V6 2.5 liter juga tersedia, dan menjadi standar pada tahun 2004. Semuanya tersedia dengan transmisi manual dan empat-wheel drive, melalui transfer case manual.
Vitara dan Grand Vitara yang facelifted pada tahun 2002 dan lagi pada tahun 2004. Pada 2003, Suzuki Vitara lebih kecil telah ditarik dari pasar Amerika Utara. Penjualan lambat, dengan hanya 4.860 yang dijual di 2004 untuk Amerika Serikat. Di Kanada, penjualan kuat. Semua Amerika Utara Vitaras dibangun di Cami Otomotif di Ingersoll, Ontario, sedangkan Amerika Utara Grand Vitaras dibangun di Jepang, di mana itu adalah badged "Suzuki Escudo". Model 2006 memiliki desain ulang struktur dengan sasis tangga-kotak baru yang terintegrasi ke dalam konstruksi unibody. Vitara adalah kompak SUV lalu dijual di Amerika Serikat untuk mempertahankan tubuh pada konstruksi rangka sampai model tahun 2006, ketika Suzuki bertahap keluar untuk Grand Vitara baru unibody.
Model tahun 2001 Suzuki Grand Vitara datang standar sebagai kendaraan 4WD 2.0 Liter di Selandia Baru. Tahun 2005 dan seterusnya Grand Vitara dijual di Ekuador dengan Chevrolet, namun masih tetap mempertahankan badge Suzuki.
Artikel utama: Suzuki XL-7
Para Escudo Agung merupakan jalan lagi, sedikit lebih besar, versi pricier dan lebih kuat dari pintu lima biasa. Pasar Jepang Grand Escudo yang dijual di Amerika Utara dan Chile sebagai Suzuki XL-7. Di Australia dan Eropa itu dipasarkan sebagai Grand Vitara XL-7.
Ketiga generasi (2005-sekarang)
Ketiga generasi MY2006-2008 Suzuki Grand Vitara 5-pintu (AS)Juga disebut Suzuki VitaraSuzuki Grand VitaraSuzuki Grand Vitara JP (Taiwan)Suzuki Grand NomadeChevrolet Grand VitaraSuzuki Grand Vitara SZProduksi 2005-sekarangMajelis Hamamatsu, JepangLinares, Spanyol [2]Tehran, Iran (sejak 2008)Bekasi, IndonesiaQuito, EkuadorBentuk tubuh 3-pintu SUV5-pintu SUVMesin 1,6 L 16V I42,0 L J20A 139 hp 16V I42,4 L VVT J24B 16V 169 hp l42,7 L V6 185 hp 24v1,9 L turbodiesel I43,2 L V6 VVT D-VVT 232 hpTransmisi 5-speed manual4-speed otomatis5-speed otomatisJarak sumbu roda 4-Pintu: 103,9 dalam (2.639 mm)2-Pintu: 2.440 mm (96,1 in)Panjang 2009 - 4-Door: 177,2 dalam (4.501 mm)2006-08 4-Dnor: 176,0 dalam (4.470 mm)2-Pintu: 4.005 mm (157,7 dalam)Lebar 4-Pintu: 71,3 in (1.811 mm)2-Pintu: 1.810 mm (71,3 in)Tinggi 4-Pintu: 66,7 in (1.694 mm)2-Pintu: 1.695 mm (66,7 in)Suzuki Grand Vitara 3-pintu (Jerman)Suzuki Grand Vitara 5-pintu (Australia)
Generasi kedua diganti pada musim gugur 2005 oleh kendaraan baru menggunakan beberapa komponen dari platform Theta GM, dan dibangun di Jepang. Tahun 2006 Escudo dikembangkan secara independen oleh banyak insinyur Suzuki yang sama yang mengembangkan Theta. Meskipun menggunakan beberapa componentry Theta, terutama di suspensi, sangat berbeda dan tidak harus dianggap sebagai kendaraan Theta. Terutama, ia menggunakan mesin longitudinal terpasang dan setidaknya penggerak roda belakang dengan 103,9 di (2639 mm) wheelbase, sementara semua Theta lainnya kendaraan bermesin melintang, baku ke front-wheel drive. Sementara Theta kendaraan lain dapat dipesan dengan 'all-wheel drive' bias front-drive, Escudo bukan menawarkan off-road yang mampu dipilih empat-wheel drive. [3] Generasi kontemporer Suzuki XL7 (mulai tahun model tahun 2007) Theta adalah kendaraan yang benar, dan dibangun bersama Equinox Chevrolet dan Pontiac Torrent di Cami Otomotif di Ingersoll, Ontario, Kanada.
Para Escudo paling banyak tersedia adalah versi 5-pintu, tetapi versi 3-pintu juga tersedia di beberapa pasar. Di beberapa pasar varian 3-pintu menjatuhkan "Grand" untuk dicap hanya "Vitara". Di beberapa negara, termasuk Chili versi 5-pintu diberi nama "Grand Nomade".
Kendaraan ini juga diproduksi secara massal di Iran oleh Iran Khodro Manufacturing Co [4]
Di Ekuador, versi SUV dikenal sebagai Suzuki Grand Vitara SZ.[Sunting] 2005-2008
Hingga 2008 mesin bensin standar untuk pintu 5-adalah J20A diperbarui (4 cyl 2.0L 140 PS.); Dengan H Suzuki opsional mesin H27A (V6 2.7L 185 PS) pada model tertentu yang lebih tinggi. Pra 2001 model turbo diesel yang dilengkapi dengan mesin Mazda tipe RF, dengan model kemudian dilengkapi dengan 1,9 L 4 silinder turbo diesel yang menampilkan 129 PS (95 kW), diproduksi oleh Renault). Mesin hanya dilengkapi dengan model 3-pintu sebelum 2008 adalah M16A (4 cyl 1.6L 106 PS (78 kW).).[Sunting] 2008MY2010 Suzuki Grand Vitara Limited (AS)
Pada paruh kedua tahun 2008, Suzuki Grand Vitara diberi wajah-lift dan dua mesin baru. Sebuah 2.4L in-line empat ditawarkan memproduksi 122 kW (166 PS; 164 hp) kekuasaan dan 225 N · m (166 £ · ft) dari torsi. V6 baru hanya ditawarkan dalam model prestise unggulan yang memproduksi 165 kW (224 PS; 221 hp) kekuasaan dan 284 N · m (209 £ · ft) dari torsi. Ekonomi bahan bakar juga telah ditingkatkan dengan penambahan VVT untuk kedua mesin dan 1.9L Turbo Diesel-juga telah menerima beberapa pekerjaan montir memperbaiki ekonominya. Keamanan juga telah ditingkatkan dengan kantong udara lebih banyak dan standar traksi kontrol pada semua model. Empat modus empat-wheel-drive sistem juga tersedia pada semua model. Ini fitur dikunci diferensial pusat bersama dengan roda gigi rasio rendah.
_JX_softtop_01.jpg)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Kritik dan saran anda sangat kami perlukan